05 March 2008

Bisnis 3-Mar-08: Swasembada kedelai diragukan

Senin, 03/03/2008

BUDI DAYA
Swasembada kedelai diragukan

PACITAN: Deptan pesimistis mampu swasembada kedelai nasional pada 2011, menyusul semakin berkurangnya lahan untuk tanaman kedelai dan minat petani untuk menanam komoditas tersebut.

Dirjen Tanaman Pangan� Deptan, Sutarto Alimoeso mengatakan luas lahan tanaman kedelai di negeri ini semakin berkurang, yakni mencapai 1,6 juta hektare (ha) pada 1995 dan kini luas lahan menjadi 600.000 hektare.

Menurutnya, untuk mengembalikan luas lahan kedelai yang beralih fungsi membutuhkan waktu hingga lima tahun, padahal produksi kedelai saat ini hanya mencapai 1,3 ton per ha.

"Kebutuhan kedelai kita saat ini mencapai 1,8 juta ton hingga dua juta ton per tahun, sementara hasil produksi komoditas tersebut baru mencapai 1,3 ton per hektare. Untuk mengembalikan luas lahan kedelai, butuh waktu hingga lima tahun,"� katanya dalam penanaman perdana kedelai hitam di Pacitan, Jatim.

Dia menambahkan persoalan turunnya produksi kedelai saat ini adalah rendahnya harga kedelai di tingkat petani.

"Mereka sudah biasa dengan harga yang murah jadi tidak menanam kedelai lagi karena minimnya keuntungan, bahkan ketika harga kedelai melambung, petani tidak bisa menikmatinya," ujarnya. (Bisnis/k42)

bisnis.com

No comments: