20 January 2008

Kompas 18-Jan-08: Belum Ada Kepastian Perluasan Area Tanam Kedelai (Provinsi NAD)

Belum Ada Kepastian Perluasan Area Tanam Kedelai (Provinsi NAD)
Jumat, 18 januari 2008 | 11:58 WIB

BANDA ACEH, JUMAT–Meski pemerintah pusat sudah menetapkan perluasan area tanam kedelai untuk wilayah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam seluas 100.000 hektar, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura NAD belum menentukan lokasi tanam baru tersebut. Kebijakan pemerintah pusat tersebut belum sampai pada petunjuk pelaksanaan teknisnya di tingkat daerah.

Kepala Subdinas Produksi Padi dan Palawija Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura NAD Naswir Aiman, Jumat (18/1), mengatakan, kebijakan pemerintah pusat masih sangat baru sehingga informasinya sangat minim. "Belum disosialisasikan kebijakan itu sampai ke daerah. Kami masih bertahan pada angka yang lama, yaitu sekitar 30.000 hektar,” katanya.

Dia mengatakan, perluasan area tanam yang dicanangkan pemerintah pusat tersebut memerlukan penelitian terlebih dahulu karena tidak sembarang wilayah dapat digunakan untuk penanaman kedelai. Selain itu, perluasan area tanam kedelai jangan sampai bersinggungan dengan wilayah tanam padi dan jagung. Apalagi, Pemprov NAD saat ini sedang berupaya untuk mengembangkan komoditas jagung, bekerja sama dengan pemerintah negara Korea Selatan. (MHD)

http://www.kompas.com/read.php?cnt=.xml.2008.01.18.1158560&channel=1&mn=2&idx=16

No comments: